Sejarah Buah Naga Dan Macam-Macamnya

Sejarah Buah Naga Dan Macam-Macamnya - Buah naga (bahasa Inggris: pitaya): buah dari jenis kaktus (marga Hylocereus serta Selenicereus). Asalnya dari Meksiko, Amerika Tengah serta Neara Amerika Selatan namun sekarang budidaya tanaman buah naga sudah banyak di negara Asia seperti Indonesia, Taiwan, malaysia Vietnam dan Filipina karena cara budidaya buah naga tidak terlalu sulit.
Buah ini dapat ditemui di tionkok selatan, Okinawa, Israel dan Australia utara. Hylocereus hanya akan mekar di malam hari. Di Tahun 1870 tanaman ini dibawa oleh oran Perancis dari Guyana ke neara Vietnam untuk tanaman hias. Oleh orang-oran Vietnam dan Cina buahnya dianggap berkah.
Sejarah Buah Naga Dan Macam-Macamnya
Gambar Buah Naga
 
Sejarah Buah Naga dan Penyebarannya.
Tanaman dari golongan kaktus ini berasal dari Mexico, Amerika Tengah dan Utara dan saat ini menyebar diseluruh dunia. Di kota asalnya buah ini dinamai pitaya roja atau pitahaya. Penduduk disana memanfaatkan buah ini sebagai konsumsi segar. Tetapi pada perkembangannya buah naga terkenal sebagai tanaman Asia karena dikembangkan secara besar-besaran di Negara Asia terutama Vietnam dan Thailand.
Nama buah naga (dragon fruit) mungkin disebabkan buah ini mempunyai warna merah menyala serta memiliki kulit dengan sirip hijau yang seperti dengan sosok naga. Dulu masyarakat China kuno menyajikan buah ini dengan meletakkan buah naa diantara 2 ekor patung naga diatas meja altar juga dipercaya mendatangkan berkah.
 
Seperti didaerah asalnya Mexico + Amerika, meskipun awal-nya tanaman ini ditujukan hanya sebagai tanamanan hias saja dalam perkembangannya masyarakat Vietnam mengembangkan sebagai buah-buahan yan bermanfaat bagi kesehatan, karena mempunyai rasa enak dan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.
 
Buah naga masuk dan dikenal di Indonesia + tahun 2000, dan bukan dari tanaman sendiri melainkan di impor dari nagara Thailand. Padahal pembudidayaan tanaman buah naa relatif sangat mudah dan iklim tropis di Indonesia mendukung untuk pengembangannya.
 
Tanaman ini dikembangkan + tahun 2001, di daerah Jawa Timur di antaranya Mojokerto, jember, Pasuruan dan sekitarnya. Tetapi hina kini area penanaman buah naga masih dibilang sedikit dan hanya terdapat di daerah-daerah  tertentu karena memang tergolong langka dan belum dikenal oleh masyarakat luas.
 
Macam-Macam Buah Naga
1. Hylocereus undatus: buahnya berwarna merah dan daging putih
2. Hylocereus polyrhizus: buahnya berwarna merah muda dan daging merah
3. Selenicereus megalanthus: kulit buah kuning dan daging putih
4. Hylocereus costaricensis: buah naga denan daging merah pekat.
 
Klasifikasi Buah Naga
1. Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
2. Subdivisi : Agiospermae (berbiji tertutup)
3. Kelas : Dicotyledonae (berkeping dua)
4. Ordo : Cactales
5. Famili : Cactaceae
6. Subfamily : Hylocereanea
7. Genus : Hylocereus
8. Species :
- Hylocereus undatus (dengan daging putih)
- Hylocereus polyrhizus ( dengan daging merah)
- Hylocereus costaricensis (dengan daging merah super)
- Selenicereus megalanthus (dengan kulit buah naga kuning, tanpa sisik)
 Baca Juga:
Buah naga ini bisa dibudidayakan di negara kita dengan melihat sejarah buah naga kita dapat dengan mudah menanam buah ini karena sangat cocok dengan iklim di negara kita dan bernilai komersial yang tinggi.

Tinggalkan Komentar: